Minggu, 21 Agustus 2011

7 robot terunik

1.  Robot HRP-4C Sang Penari Luwes
Anda mungkin pernah melihat robot HRP-4C yang cantik sebelumnya, dan sementara itu yang sebelumnya hanya mampu menggerakkan tubuh atasnya, sekarang upgrade dan perbaikan telah dilakukan sehingga robot ini sekarang mampu memegang sendiri di panggung, bernyanyi dan menari dengan manusia.

Apakah ini menggantikan pasangan tari manusia dalam waktu dekat? Mungkin tidak, tapi ini merupakan bukti langkah maju yang signifikan dalam robotika dan Anda dapat memeriksa video dari robot HRP-4C menari berikut ini.

2.  Robot Kid Walker Exoskeleton seperti Mechwarrior & StarWars saja
Anda tahu Mechwarrior kan? Robot yang dikendalikan oleh orang di dalamnya? Ada produk robot bernama Kid’s Walker beneran yang mirip Mechwarrior tapi tentunya tidak ada senjata di dalamnya. Produk robot ini dibuat untuk anak-anak oleh perusahaan bernama Sakakibara Kikai.
Robot ini tingginya 5 1/4 feet dan berat kurang dari 400 pound. Robot ini sebenarnya bukan berjalan tetapi memiliki roda jadi sebenarnya seperti mobil saja tapi tertutupi oleh kakinya.

Harga robot ini kurang lebih 21000 USD atau 200 jutaan rupiah neh. Sayangnya produk ini cuman dibuat 1 biji dan belum direncanakan dijual secara masal karena fungsinya hanya untuk promosional.

3.  AnyBots QB Robot Surrogate yang menjadi Kenyataan
Sudah pernah lihat film Surrogate yang mengisahkan kehidupan di mana robot lah yang menggantikan kehadiran manusia asli? Dan robot-robot itu lah yang melakukan berbagai aktivitas kita demi alasan keamanan dan juga penampilan?

Saat ini sudah ada perusahaan Anybots memproduksi robot sederhana yang bertujuan menggantikan kehadiran manusia juga yang intinya sama dengan Surrogate tapi tidak disertai dengan bentuk menyerupai manusia serta belum mampu menghubungkan sistem indera robot dengan manusia.

Tapi bisa dikatakan AnyBots QB ini adalah kenyataan dari wujud awal kisah Surrogate. Robot ini merupakan “telepresence robot” yang bisa membantu kita dalam bekerja terutama dengan kolega atau rekan yang bekerja di tempat lain yang jauh. Misalkan sebuah pemimpin perusahaan Amerika ingin mensurvei pabrik, berkomunikasi serta berinteraksi dengan karyawan atau rekan kerja di negara lain seperti China maka bisa memanfaatkan robot ini.

Dengan robot ini, kita bisa seakan-akan hadir di tempat yang jauh lokasinya karena kita bisa melihat apa yang dilihat oleh mata robot tersebut, dan kita bisa menggerakkan robot ini sesuai yang kita ingini. Hal ini tentunya akan menghemat banyak waktu dan biaya bagi perusahaan multinasional dengan banyak cabang yang tersebar di dunia.Robot ini memiliki dua roda dan semacam kamera live serta mampu menerima suara dan menyalurkan lewat Wifi atau internet ke pengguna robot tersebut. Robot ini dapat bergerak dengan kecepatan 3.5 mph dan baterenya mampu bertahan 8 jam. Harga Robot Anybots QB ini adalah 15000 USD atau 135 jutaan rupiah. Saat ini robot ini belum dijual ritel, tapi bisa dipesan, jadi Anda ingin pesan robot ini? Silakan ke www.anybots.com saja.

4. Interview dengan Robot bernama Bina48 yang Bisa Berbicara
Sudah pernah melihat robot yang benar-benar bisa diajak ngobrol? Bahkan bisa menjawab sebagaimana layaknya manusia yang punya pemikiran dan perasaan sendiri? Kali ini teknologi benar-benar sudah mulai menghantar pada era komunikasi dengan robot yang makin menyerupai manusia dengan kemampuan artificial intelligence yang benar-benar luar biasa.
Robot bernama Bina48 ini merupakan replika dari orang yang asli bernama Bina Rothblatt tapi robot ini tidak lengkap karena hanya terdiri dari kepala dan separuh badan saja. Bina48 dibuat dengan tampang dan personalitas yang dibuat mirip banget dengan si Bina yang asli.

Mimiknya pun ikut bergerak menyerupai manusia dan didesain sebagai robot yang bersahabat. Bahkan jawaban si robot ini sering kali diplomatis, dan dia bisa memberi jawaban yang berbeda untuk pertanyaan yang sama karena dia terus belajar. Mata si robot pun ikut bekerja dan bisa melihat yang diajak bicara sebagai respon.

Saat ditanya, “Bagaimana engkau tahu apa yang ingin kamu katakan? Si Robot Bina48 ini menjawab, “Kadangkala saya tidak tahu apa yang harus dikatakan, tapi saya terus belajar”. Luar biasa bukan! Dia seringkali menjawab dengan kemampuan seorang manusia yang memiliki intelijensi tinggi. Bahkan dia bisa menjawab apakah artificial intelligence, dlll.

Supaya Anda menyadari bahwa kita hidup di zaman yang penuh kemungkinan robot memasuki dunia sosial kita tak lama lagi sebaiknya Anda menonton video interview dengan robot tersebut dari awal sampai akhir.
Related Posts with Thumbnails.

5.Robot Teddy Bear dari Fujitsu Punya 300 Respon Perilaku
Fujitsu Teddy Bear Robot merupakan salah satu teknologi yang sedang dipamerkan di Forum Fujitsu. Robot ini memiliki 13 sensor di seluruh tubuhnya, yang pada gilirannya dapat memberikan sekitar 300 respon perilaku dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Robot ini dibuat untuk memotivasi anak-anak dan membantu merangsang orang tua dan orang yang sakit/lemah, di mana robot unik ini bisa tersenyum kembali pada Anda ketika Anda tersenyum,serta mampu melacak gerakan Anda melalui kamera yang menempel pada hidung. Tidak tahu pada seberapa banyak memakan biaya untuk memiliki robot ini , tetapi pasti tidak akan mendekati harga beruang teddy biasa yang mewah.

6.  Robot Pelayan yang Kita Harapkan
Anda yang berkeluarga dan memiliki pembantu pasti lah memiliki harapan untuk mendapatkan pembantu rumah tangga yang setia, tidak mudah cape dan menurut. Ada jawaban untuk kebutuhan satu ini yaitu sebuah ROBOT Ada robot baru yang cukup canggih sehingga bisa melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan pembantu rumah tangga. Biasanya robot hanya berfungsu untuk 1 macam, tetapi kali ini robot satu ini lebih canggih karena bisa mencuci gelas, piring serta membersihkan lantai dengan vacuum cleaner.

Robot ini bisa belajar mencuci macam-macam perabot rumah tangga, baik panci, gelas, atau piring karena para periset Universitas Tokyo telah melengkapinya dengan simulasi video game serta human motion capture untuk robot ini. Robot ini juga telah dilengkapi sensor untuk mengenali lingkungannya sehingga dapat bergerak bebas serta tak ketinggalan sarung tangan anti air supaya robot ini tidak rusak kena air melulu.
7.  Wow, Kini Robot Transformer Hadir Dalam Kehidupan Nyata!
Masih ingat dengan serunya film Transformer? Teknologi canggih dalam film tersebut ternyata telah menginspirasi para peneliti robot di Jepang untuk merealisasikan robot transformer menjadi nyata. Dimana robot bisa berubah menjadi bentuk mobil dan sebaliknya. Film tersebut memang cukup fenomenal karena sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tapi bukan berarti hal tersebut menjadi basi untuk diperbincangkan bukan? Tentu ini menjadi hal yang menarik untuk kita tau, apa benar robot tersebut jelmaan transformer dalam kehidupan nyata?

Takeshi Maeda lah yang menjadi pelopor dalam pengembangan robot humanoid bernama OmniZero ini, kini robot tersebut sudah memasuki tahap ke 9 kali sehingga dinamai OmniZero.9. Bila kita lihat selintas dari gambar di atas, bisa kita lihat di bahu robot tersebut sudah terpasang roda-roda, begitu pula dengan lutut robot bisa dilipat sedemikian rupa sehingga bisa dibentuk menjadi mobil mini berwarna merah. Walaupun belum terlalu sempurna untuk dikatakan sebagai mobil, namun robot ini mampu melakukan banyak aksi. Dari berjalan dengan 2 kaki, berjalan dengan 2 roda sampai mampu mengangkat beban seorang pria. Wah, gagah sekali ya.

Dalam kompetisi ROBO-ONE, robot ini diperkenalkan dalam kategori yang tergolong cukup unik, sehingga banyak yang mencoba mengabadikan video ketika robot tersebut sedang beraksi di atas panggung dan mendapat decak kagum penonton yang ada pada acara tersebut. Tertarik untuk melihat aksi robot ini?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar