Minggu, 21 Agustus 2011

Definisi, Masalah, dan Sistem Perekonomian


DEFINISI EKONOMI
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Masalah Ekonomi adalah adanya keseimbangan antara kebutuhan manusia yang tiidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahn itu yang menyebabkan timbulnya kelangkaan. Ekonomi itu sendiri merupakan salah satu ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi. Ekonomi berasal dari dari kata Yunani (oikos) yang berarti keluarga dan (nomos) yang berarti peraturan atau hukum.

MASALAH POKOK EKONOMI dan PENGARUH MEKANISME HARGA
Manusiasebagai mahluk sosial dan mahluk ekonomi pada adasrnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Pokok dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia seperti yang sudah disebutkan pada definisi ekonomi yaitu   kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia terbatas “ . Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah ekonomi yaitu
  •         Faktor Ekonomi
  •     Faktor lingkungan SosBud
  •         Faktor Fisik
  •     Faktor Lingkungan


SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem Perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber  daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi dinegara tersebut. Yang menyebabkan perbedaan mendasar antara sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah cara mengatur faktor produksi . Selain faktor produksi,sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Perekonomian Terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Perekonomian Pasar (market economic) pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan yang akan di bahas di tugas blog selanjutnya .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar